edukasi,konservasi,sumber,mata,air,pdam

Edukasi Dini Konservasi Sumber Mata Air

PDAM Sleman turut mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat Sleman melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini menyasar masyarakat di wilayah yang ada sumber airnya. Hal itu sekaligus bertujuan mengedukasi masyarakat agar lebih peduli menjaga ketersediaan dan konservasi air di wilayah masing-masing. Bekerjasama dengan Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) dilakukan sosialisasi pemanfaatan air, demi melindungi sumbernya. Agar keberadaan sumber air bisa tertangani dengan baik. Sehingga masyarakat tergerak untuk ikut berupaya melestarikannya. Sebab diera sekarang kebutuhan penggunaan air terus meningkat. Baik untuk keperluan konsumsi maupun kepentingan komersil.

"Tentu saja upaya ini membutuhkan kepedulian semua pihak. Karenanya kami mengajak masyarakat menjaga kesinambungan sumber daya air," tutur Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata,SE.MM. Edukasi dini pemahaman pengolahan serta pemanfaatan air bersih dan sehat juga dilakukan di sekolah-sekolah. Terlebih mengenai informasi pentingnya menjaga kelestarian alam, yang diawali dari lingkungan rumah tangga. Misalnya, dengan membuat biopori di halaman rumah untuk memanen air.

" Banyak hal yang bisa dilakukan. Makanya kami ingin menanamkan pemahaman itu sejak anak usia sekolah," ucapnya. Dwi berharap, saat dewasa kelak para siswa sekolah bisa menjadi duta kampanye hemat air, sekaligus pelestari sumber mata air yang ada di wilayah Sleman.(Sumber Berita Radar Jogja,Senin 15 Mei 2017(*/Yog/nn))