edukasi,konservasi,sumber,mata,air,pdam

PERKUAT KAWASAN RAWAN KEKERINGAN

Tim Unit Reaksi Cepat PDAM Sleman memasang pompa air di wilayah Patukan, Gamping. Pemasangan pompa tersebut dalam rangka upaya mengentaskan kawasan rawan air di wilayah barat Sleman. penyediaan air bersih menjadi salah satu perhatian serius Bupati Sleman Sri Purnomo dalam menyongsong pembangunan menuju Sleman Smart Regency 2021. Untuk itu, Bupati mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sleman terus melebarkan sayap demi pemerataan pemenuhan sarana air bersih bagi masyarakat. Dalam rangka menerjemahkan visi Bupati tersebut, manajemen badan usaha milik daerah (BUMD) Sleman ini telah merumuskan beberapa hal. Fokus utamanya, menciptakan masyarakat cerdas dan sehat. Khususnya dalam penyediaan, pemanfaatan, dan pengelolaan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Adapun sasaran utamanya kawasan rawan air (kekeringan), khususnya saat musim kemarau, diwilayah barat dan timur Kabupaten Sleman. Wilayah Barat meliputi Kecamatan Godean, Seyegan, Minggir, dan Gamping, serta Desa Tambakrejo,Tempel. Sedangkan wilayah timur membentang di area perbukitan, seperti desa Wukirharjo dan Gayamharjo, Prambanan." Kami bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pengerjaan proyek itu." jelas Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata, SE.MM. Upaya pengentasan kawasan rawan air diwilayah barat Sleman dilakukan dengan mengintegrasikan jaringan perpipaan dengan sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional.

Sementara pengembangan suplai air di perbukitan Prambanan direncanakan dengan mengusulkan kegiatan tersebut kepada pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Desainnya dengan memompa naik air dari sumber di sungai Opak. Air lalu ditampung dibak besar di titik teratas. Disitu dibangun reservoar pengolah air. Kemudian, air dialirkan ke jaringan perpipaan menuju rumah-rumah menduduk dengan mengandalkan gaya gravitasi bumi.

"Harapan kami kedepan tak ada lagi droping air karena sistem ini mampu melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari," ujarnya. Program tersebut juga dalam rangka mendukung pembangunan kawasan timur Sleman. Sebagaimana telah dicanangkan oleh Bupati yang bercita-cita menjadikan kawasan timur sebagai salah satu destinasi pariwisata andalan Bumi Sembada. (Sumber dari Radar Jogja oleh */yog/nn)